Puluhan Pengungsi Merapi Makan Ubi

ILustrasi. Pengungsi Merapi (Foto: Koran SI0

JAKARTA- Penurunan aktivitas Gunung Merapi tak berarti persoalan para pengungsi usai. Justru setelah kembali ke perkampungan masing-masing berbagai persoalan baru mulai bermunculan.

Hal itu karena minimnya daya dukung lingkungan serta belum pulihnya aktivitas perekonomian di daerah terdampak erupsi Merapi.

“Kami sempat menemukan 40-60 an korban Merapi hanya makan ganyong (sejenis ubi-ubian) di daerah Selo, Boyolali,” ujar relawan Dompet Duafa Ahmad Fikri kepada okezone di Jakarta, Jumat (26/11/2010).

Peristiwa tersebut terjadi beberapa waktu lalu setelah pemerintah menurunkan jarak aman erupsi Merapi dari 20 kilometer menjadi 15 kilometer. “Mereka adalah para lelaki yang bertahan di rumahnya,” ungkap dia.

Sementara untuk situasi saat ini, ribuan pengungsi yang sempat bertahan di posko-posko pengungsian secara bertahap mulai kembali ke kampungnya untuk memulai kehidupan baru. “Hanya pengungsi yang rumahnya hancur total yang tetap bertahan di Stadion Maguwoharjo,” terangnya.

Kendati demikian, pemerintah serta lembaga-lembaga kemanusiaan tidak serta merta meninggalkan para korban bencana Merapi yang sudah mulai kembali ke rumah masing-masing. Suplai bahan makanan, air, serta obat-obatan masih diberikan. “Masa tanggap darurat pun diperpanjang,” ujarnya.

Saat ini, sambung Fikri, para korban Merapi tengah berusaha menata ulang kehidupannya kembali. Mereka membersihkan rumah, pekarangan, serta ladang tempat mencari nafkah.

“Tapi karena pasar belum sempurna, ternak juga masih belum dikembalikan, dan sawah masih hancur maka para relawan masih terus memberikan bantuan,” tandasnya.(ful)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: